Sabtu, 14 April 2012

Pembiayaan Sektor Mikro dan Pembiayaan corporate

A.    Pendapat saya mengenai pembiayaan sektor mikro dan pembiayaan corporate

1)      Pembiayaan Sektor Mikro

Suatu kegiatan pembiayaan usaha berupa penghimpunan dana yang di pinjamkan bagi usaha mikro (kecil) yang di kelola oleh pengusaha mikro yang ditujukan untuk masyarakat khususnya masyarakat bawah ataupun menengah dimana pembiayaan tersebut tidak berasal dari dana yang berasal dari masyarakat. Yang memiliki tujuan untuk menganalisis pasar dan juga bagaimana mekanisme pasar tersebut yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa serta bagaimana alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif.

2)      Pembiayaan Corporate

Badan usaha yang melaksanakan kegiatan usaha dari lembaga pembiayaan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan & memaksimalkan  kekayaan pemilik dengan menggunakan  seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham, pengurus (pengelola) perusahaan, karyawan serta para pemegang kepentingan intern dan ekstern lainnya yang berkaitan dengan hak-hak dan kewajiban mereka. Dengan kata lain Pembiayaan Corporate yaitu system yang mengatur dan mengendalikan perusahaan untuk menciptakan nilai tambah (value added) dengan menekankan pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, akurat, tepat waktu dan transparan mengenai semua informasi kinerja perusahaan.

B.     Pembiayaan yang lebih menguntungkan

Menurut saya pembiayaan yang lebih menguntungkan adalah “pembiayaan sektor mikro” karena pembiayaan ini sangat cocok dengan keadaan perekonomian Indonesia yang identik dengan usaha mikro atau usaha kecil bahkan perhatian dunia perbankan pada pembiayaan sektor mikro sangat meningkat. Dengan adanya bantuan tersebut usaha mikro atau usaha kecil akan lebih berkembang dan memberikan dampak baik terhadap perekonomian Indonesia.


C.     Tantangan untuk Pembiayaan Sektor Mikro dan Pembiayaan Corporate

a.       Tantangan dalam pembiayaan sektor mikro

1.      Keterbatasan sumber dana untuk jangka panjang
2.      Kerugian apabila usaha kecil yang diberikan dana tidak terlihat performace nya
3.      Apabila pembiayaan nya tidak mengenali karakteristik dari sektor pasar.


b.      Tantangan dalam Pembiayaan Corporate 
  1. Risiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.
  2. Pembentukannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.
  3. Kepemilikannya yang dapat berpindah-pndah secara mudah. 

Sumber :

1 komentar: